Informasi Seputar Daerah

Alat Musik Tradisional Gong, Di Bogor Pengrajinya sudah dari 370 Tahun Lalu

Author: No Comments Share:

Inpona.com – Alat musik tradisional Gong, sebagai salah satu peninggalan budaya di Indonesia memiliki keunikan sendiri.

Mengenal singkatnya, alat musik tradisional Gong sendiri terbuat dari leburan logam yakni perunggu dengan tembaga dengan permukaan yang bundar (dengan atau tanpa Pencu).

Alat musik tradisional Gong kerap dimainkan dengan cara dipukul sebuah stik pendek. yang mengahasilkan suara dengngan.

Karena merupakan sebagai alat musik Tradisional di Indonesia, usut punya usut ternyata masih ada tempat pengrajin Gong tertua di Jawa Barat, yang usianya mencapai ratusan tahun, dimana itu?

Pengrajin Gong Tertua Di Bogor (Foto: Detik.com)

Berdasarkan informasi yang dihimpun seringmain.com, Kamis 21 Oktober 2021, di Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Terdapat salah satu tempat pengrajin Gong tertua di Jawa Barat bernama Gong Factory.

Pengrajin Gong Factory sudah ada sejak zaman kolonial, sekitar 370 tahun lalu. Tak heran, jika tempat ini dijuluki sebagai pengrajin gong tertua di Jawa Barat.

Tak hanya itu, produk dari pengrajin gong di Kelurahan Pasirjaya ini ternyata sudah dikenal dunia. Untuk produknya sendiri, pengrajin gong tertua di Jawa Barat ini juga membuat berbagai alat musik tradisional lain dari bahan tembaga, perunggu, dan timah.

Pengrajin alat musik tradisional Gong Factory ini sudah ada selama enam generasi.

Untuk harga, satu set gamelan Jawa di Gong Factory cenderung lebih mahal daripada gamelan Sunda. Hal itu terjadi karena instrumennya lebih banyak serta penggunaan jenis bahan baku juga mempengaruhi harga jualnya.

Jika kalian berminat membeli satuan, harga gong berdiameter 80 cm dijual paling tinggi dengan harga 17 juta untuk turis domestik, dan 20 juta untuk turis asing. ***

Previous Article

Relokasi Pasar Lelo, Pemerintah Siapkan 180 Los di Sei Rampah

Next Article

Inilah Tips Rawat Kesehatan Rambut Secara Simpel

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *