Informasi Seputar Daerah

Hari Pahlawan 2021, Ismail Marzuki Hiasi Google Doodle, Begini Perjalanannya

Author: No Comments Share:

Inpona.com – Sosok Ismail Marzuki, komposer Indonesia lewat lagu-lagu patriotnya menghiasi Google doodle Indonesia hari ini, di peringatan Hari Pahlawan, Rabu 10 November 2021.

Sosok Ismail Marzuki dalam tampilam Google Doodle tersebut diilustrasikan seniman Indonesia Ykha Amelz.

Ismail Marzuki diketahui menjadi salah satu pahlawan Nasional, karena lagu-lagu patriotnya menjadi sebuah semangat pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Tugas Sekolah Puisi Hari Pahlawan, Bisa Baca Ini

Pada 10 November 1968, pemerintah Indonesia menghormati warisan sang seniman dengan peresmian tempat yang sekarang dikenal luas sebagai Taman Ismail Marzuki (TIM).

Taman Ismail Marzuki berfungsi sebagai pusat pelestarian warisan budaya Indonesia dan inovasi kreatif dalam seni rupa, musik, teater, tari, dan film.

Ismail Marzuki lahir pada 11 Mei 1914 di Kwitang, Jakarta Pusat ketika wilayah itu berada di bawah kekuasaan pemerintah kolonial Belanda.



Meski profesi sebagai pemusik tidak umum di lingkungannya kala itu, Ismail Marzuki kerap berlatih hingga lima jam sehari untuk menguasai delapan instrumen yaitu harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano.

Pada usia 17 tahun, dia menggubah lagu pertama dan jadi awal dari ratusan lagu yang kemudian ia hasilkan sepanjang kariernya.

Lagu-lagu Ismail Marzuki menangkap semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan nada melankolis sekaligus mewakili ketahanan bangsa melalui melodi dengan nada-nada meninggi.

Dia mengisi benak orang Indonesia dengan rasa penuh kebanggaan selama bertahun-tahun melalui pemutaran lagu-lagunya di radio. Sembilan lagu dia di antaranya kemudian menjadi lagu kebangsaan .

Pada 1955, Ismail Marzuki menjadi pemimpin Orkestra Studio Jakarta yang bergengsi kala itu dan menggubah lagu Pemilihan Umum, tema musik pemilihan umum pertama di Indonesia yang lirik dan komposisinya seolah abadi di telinga hingga hari ini.

Untuk menghormati kontribusi budayanya, pemerintah Indonesia menobatkan Ismail Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada 2004.

Hari ini, masyarakat dapat mempelajari banyak hal tentang Ismail Marzuki di TIM yang memamerkan koleksi pribadinya termasuk lagu-lagu tulisan tangan dan sejumlah instrumennya.

Melalui pernyataan resminya, Google mempersembahkan Google doodle hari ini untuk Ismail Marzuki. Google berkata,

“Terima kasih telah menulis soundtrack untuk kemerdekaan Indonesia!”***

Latihan Musik Tiap Hari

Previous Article

Sungai Padang Meluap, Kampung Semut Terendam Banjir

Next Article

‘Squid Game’ Season 2 Dikonfirmasi Hwang Dong-hyuk: Akan Ada, Tapi…

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.